Selasa, 10 November 2009

Tentang Managemen Pemasaran

Sekelumit Materi yang menyangkut tentang manajemen pemasaran. Pengantar, pengertian dan deskripsi.
MANAJEMEN PEMASARAN
MARKET SHARE
Pengertian Pasar
Pasar adalah sebuah tempat yang terbentuk atas kumpulan konsumen potensial dengan kebutuhan yang berbeda dan mempunyai keinginan yang sama untuk melakukan transaksi guna memenuhi kebutuhan mereka.
Sedangkan arti dari pangsa pasar (Market Share) adalah persentase dari keseluruhan pasar untuk sebuah kategori produk atau service yang telah dipilih dan dikuasai oleh satu atau lebih produk atau service tertentu yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam kategori yang sama. Misal ; sebuah perusahaan dapat menjual satu juta produk dari sepuluh juta produk yang ada. Maka perusahaan tersebut menguasai 10 persen dari total pangsa pasar kategori produk tersebut.
Ada tiga taktik utama dalam mendukung strategi pemasaran;
1. Diferensiasi
Diferensiasi adalah sebuah pembeda atau bagaimana caranya agar menjadi berbeda dengan produk atau perusahaan lain.
Salah satu carauntuk mendapatkan sebuah diferensiasi adalah dengan mengintegrasikan konten (content), kontek (Contect) dan Infrastruktur (infrasctructure)yang dimiliki sehingga menjadi nilai lebih yang dapat ditawarkan kepada pelanggan, sehingga menjadi identitas diri. Ada beberapa macam Diferensiasi:
- Forbiden City of China Emporium
- Comodity like Trap (kesamaan produk)
Ada 4 tahap yang harus dilakukan dalam diferensiasi:
Langkah 1:
Diferensiasi yang harus dilakukan adalah haruslah sesuai dan masuk dalam kontek yang dimiliki olek produk dalam kategori tertentu. Contoh: Mcdonald’s sebagai restoran cepat saji.



Langkah 2:
Menemukan perbedaan itu sendiri, menjadi beda adalah untuk tidak sama dengan yang lain. Menjadi beda adalah menjadi unik . contoh: FedEx jasa pengiriman barang dengan penawaran over Night delivery ( layanan kirim satu malam).
Langkah 3 :
Sebuah produk harus dapat membuktikan kepada public. Contoh: keamanan dalam mengendarai Volvo harus benar-benar terbukti . konsumen harus dapat merasakan pembeda yang ditawarkan secara langsung.
Langkah 4:
Perbedaan yang dimiliki haruslah disebarluaskan atau diinformasikan.
2. Content
Adanya pergeseran konsumen yang dulunya merupakan konsumen yang value orientied (orentasi Nilai) bergeser menjadi price Oriented (orentasi harga).
Menyadari adanya pergeseran tingkat ini, banyak perusahaan mulai mengubah content dari produk yang ditawarkan tanpa mengubah context yang dimiliki. Mereka mencoba memahami need ( kebutuhan) dan Want (keinginan)market yang sebagian besar menginginkan harga agar lebih terjangkau. Contoh: munculahproduk-produk generic, seperti So Klin MB, Rexona Mini Stick.
3. Context
Cepatnya perkembangan teknologi dan informasi menuntut banyaknya perusahaan untuk lebih cepat bereaksi mengikuti mood market. Mood market bereaksi terhadap tiga event besar yang selalu dirayakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Yaitu Idul Fitri dengan acara mudiknya, natal dan perayaan tahun baru.
4. Infrasctucture
Bisa terlihat perbedaannya dari komponen teknologi yang dipakai, alat-alat produksi yang digunakan atau dari sisi property. Contoh: Bank Muamalat Indonesia yang mengeluarkan produk Shar-e.

Related Post



  • rss
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Share this on Technorati
  • Post this to Myspace
  • Share this on Blinklist
  • Submit this to DesignFloat

0 komentar:

Posting Komentar