1. Segmentasi
Segmentasi adalah cara membagi pasar berdasarkan pada variable-variabel tertentu. Factor geografi, dmografi, psikologi, perilaku dan akhirnya pada variable yang kecil yaitu individu.
Segmentasi yang berkesinambungan menjadi hal penting bagi sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan (need) dan keinginan (want) pasar yang selalu berubah-ubah.
• segmen berdasarkan factor geografis meliputi wilayah, kota, propinsi, atau Negara.
• Secara demografi yaitu berdasarkan jenis kelamin 9gender), usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan agama. Dikelompokan kedalam (static atribut segmentation) karena bersifat statis dan cnderung tidak berubah.
• Segi psikologi diantaranya kebiasaan , gaya hidup, dan karakter. Ini termasuk factor yang dinamis dan selalu berubah, dan dikenal juga sebagai dynamic atribut segmentation.
Contoh: Segmentasi susu
2. Targeting
Targeting adalah proses pemilihan target dan mencocokan reaksi pasar dengan kebutuhan pasar, kemampuan daya beli dan keterbatasan yang dimiliki.
Contoh. Kodomo for kids
Targeting sebagai strategi penempatan produk mempunyai empat criteria utama yaitu besarnya ukuran pasar, pertumbuhan pasar, keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan, dan situasi persaingan yang dihadapi oleh perusahaan.
3. Positioning
Positioning adalah bagaimana menempatkan produk anda kedalam benak customer secara luas sehingga akan tertanam dalam benak pasar bahwa perusahaan anda adalah kategori produk yang anda jual. Dengan kata lain positioning adalah bagaimana agar pelanggan kita mengingat produk atau jasa yang kita tawarkan. Salah satu metode yang memudahkan penanaman positioning dalam benak konsumen adalah dengan menggunakan strategi ABC.
- Strategi A adalah menentukan Audience, atau target market.
- Strategi B adalah benefit (manfaat) yang ditawarkan sebagai kunci utama usaha ini. Manfaat bukan menjadi barang yang serba guna atau multifungsi, tetapi ditekankan pada kegunaan utama dari produk tersebut.
- Strategi C yaitu alasan yang mendukung. Pada daarnya adalah pernyataan yang mendukung dari manfaat yang telah dikemukakan sehingga orang tidak akan memikirkan pilihan lain selain produk yang ditawarkan oleh mereka.
0 komentar:
Posting Komentar