Selasa, 10 November 2009

Heart Share

HEART SHARE
1. BRAND
Brand adalah sebuah nama, istilah, lambing, symbol ataupun hal lain yang dapat menjadi sebuah identitas dari sebuah produk atau jasa.
Sebuah merek adalah kekuatan anda. Semakin anda bias memperkuat nilai dari merek yang anda miliki, semakin kuat pula kekuatan perusahaan yang anda miliki.
• Corporate Branding
Penggunaan nama perusahaan pada penamaan produk adalah untuk menjembatani produk dengan konsumen. Penggunaan nama perusahaan juga untuk mendukung persepsi yang sebelumnya terbentuk.
Disisi lain, penempatan nama perusahaan yang salah akan mengakibatkan rusaknya persepsi yang telah terbentuk sebelumnya. Penggunaan merek perusahaan pada merek produk bukanlah sebuah langkah bijak yang dpat diambil. Perusahaan anda adalah tempat dimana anda bekerja, sedangkan merek anda adalah nama anda yang anda jual. Keduanya haruslah dipisahkan, bukan berarti penggunaan nama perusahaan pada merek produk menjadi tidak penting, apa bila kondisi persaingan pasar sedang tinggi, diperlukan nama perusahaan pada merek sebagai penguat (endoser).
• Persinal Branding
Personal branding dinilai sangat penting dalam usaha menaikan public awareness akan seorang tokoh dan terlebih lagi untuk menaikan pamor perusahaan yang dipimpinnya.
Hermawan Kartajaya menyatakan bahwa untuk membangun sebuah merek dalam hal ini termasuk merek produk, perusahaan maupun citra dari seseorang, haruslah memperhatikan segala perubahan yang selalu terjadi disekitar lingkungan usaha perusahaan. Memperhatikan perubahaan yang dimaksud adalah dari sisi teknologi, politik-hukum, social- budaya, ekonomi dan pasar dengan meleburkan lima aspek tersebut dalam analisis SWOT (Strength, weaknees, opportunity, dan Threat) perusahaan. Secaraotomatis akan merubah peta kompe6isi dan memacu perusahaan untuk lebih jeli dalam merumuskan strategi yang akan dipakai.

2. PROCESS
Proses adalah penganalisaan peluang pasar, pengembangan strategi marketing, perencanaan langkah-langkah marketing yang akan dilakukan dan memaksimalkan usaha marketing berdasarkan langkah diatas.
Dalam sebuah perusahaan ada 3 proses disiplin manajemen yang harus dimiliki:
1) Jaringan pemasok, diperlukan untuk meminimalkan biaya perusahaan.
2) Manajemen asset perusahaan yang berdasarkan pada kondisi pasar akan dapat mengoptimalkan semua komponen asset yang dimiliki oleh perusahan.
3) Pengembangan teknologi dan sumberdaya yang dilakukan secara terus menerus guna menciptakan produk-produk baru yang tingkat efisiensi dan efektifitas yang semakin baik.
Jadi keterlibatan konsumen dalam proses sebuah produk akan menambahkan perasaan memiliki dan menjadi bagian dari sebuah produk tersebut.
3. SERVICE
Service adalah hal yang mendasar yang dijual oleh para pengusaha baik itu perusahaan barang, terlebih lagi perusahaan jasa sehingga dapat dikatakan bahwa dasar dari setiap bisnis adalah service.
Mengapa kita sering mendengar adanya keluhan mengenai pelayanan? Salah satu alasannya adalah kurangnya sikap empati.
Customer Service in Action
Profesi customer service merupakan pofesi yang menuntut seseorang untuk dapat melayani konsumen dengan baik. Sehingga konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberiakn. Satu hal kecil yang konsumen rasakan sebagai sebuah kesalahan atau sesuatu yang tidak memuaskan dalam pelayanan yang diterima akan mengakibatkan chain reaction yang akan berujung pada hancurnya kredibilitas sebuah perusahaan.
Service terdiri dari 3 tahap:
- Before sales service : menekankan pada pelayanan yang di lakukan sebelum terjadinya transaksi jual beli.
- During sales service: adalah pelayanan konsumen pada saat terjadinya transaksi jual beli.
- After sales service : pelayanan yang diberikan setelah transaksi jual beli.
Seorang marketer dengan kemampuan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain sebelum, saat dan setelah menjual akan membuatnya mengerti apa yang sesungguhnya diinginkan oleh konsumen. Service tidak hanya mengantarkan atau melayani, service berarti mengerti, memahami dan merasakan sehingga penyampaiannya pun akan mengenai heart share konsumen dan pada akhirnya memperkokoh posisi perusahaan dalam mind share konsumen.

Related Post



  • rss
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Share this on Technorati
  • Post this to Myspace
  • Share this on Blinklist
  • Submit this to DesignFloat

0 komentar:

Posting Komentar