Selasa, 10 November 2009

Marketing Mix

BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Pengertian
Bauran pemasaran adalah tingkatan yang menggabungkan elemen penting pemasaran benda atau jasa. Meliputi product, price, place, dan promotion. Sering dikenal dengan sebutan The 4P in Marketing.
a. Produk (product)
Produk adalah sebuah benda atau pelayanan yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik kebutuhan primer seperti rasa lapar/haus atau kebutuhan sekunder seperti hiburan. Produk yang ditawarkan harus memiliki “sesuatu” yang dapat membuat customer kembali.
Dalam marketing sebuah produk harus mempunyai Bargaining Position. Yaitu:
* Nilai penawaran yang dimiliki oleh sebuah produk semakin tinggi nilai Bargaining position dinyatakan demakin terkenalnya sebuah produk. Kekuatan bargaining position sebuah produk diperoleh karena produk tersebut adalah yang terbaik, yang pertama dikelasnya, atau yang berbeda dengan yang sudah ada.
b. Harga (Price)
Harga diartikan sebagai ekspresi dari sebuah nilai, dimana nilai tersebut menyangkut kegunaan dan kualitas produk, citra yang terbentuk melalui iklan dan promosi, ketersediaan produk melalui jaringan distribusi dan layanan yang menyertainya.

c. Distribution/ lokasi (place)
Distribution adalah bagaimana produk dapat sampai pada pelanggan terakhir (end- user0. place diartikan juga sebagai pemilihan tempat sebagai lokasi usaha. Contoh: hard Rock Café memilih lokasi besebrangan dengan Planet Hollywood.
d. Promotion (Promosi)
Promosi dibuat untuk membangun merek. yang diperlukan adalah PR, sedangkan iklan pada sisi lain berfungsi sebagai mempertahankan eksistensi merek.

Related Post



  • rss
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Share this on Technorati
  • Post this to Myspace
  • Share this on Blinklist
  • Submit this to DesignFloat

0 komentar:

Posting Komentar