Komunikasi secara masal tidak lagi mempunyai efek yang dapat diandalkan, seorang marketer yang ingin menjadikan produknya sebagai market leader harus mampu melakukan komunikasi yang benar pada calon konsumen.
Menciptakan sebuah matriks disekeliling merek sehingga konsumen yang menjadi target marketnya dapat memiliki emotional bond dipercaya akan menumbuhkan emotional value yang secara tidak langsung akan melahirkan loyalty terhadap produk itu sendiri.
Inti dari sebuah matriks adalah menciptakan hubungan dan jaringan antarkonsumen yang pada akhirnya akan berujung pada merek yang dijual. Menurut Hermawan kartajaya, ada tiga hal yang mendukung sebuah matriks berjalan.
Pertama, biarkan konsumen berbicara. Community is the best channel telah terbukti mampu menjadi salah satu solusi untuk memperlancar komunikasi dari pihak perusahaan dengan konsumen.
Kedua, adalah penciptaan merek kedua yang akan menghubungkan merek pertama dengan komunitas atau konsumen. Pendirian Manajemen Qolbu Corp. (MQ Corp.) adalah salah satu contoh dari penciptaan merek kedua setelah Aa Gym.
Ketiga , dengan memberikan gossip, berita hangat atau promosi yang berbeda sehingga memberikan konsumen sesuatu yang bisa dibicarakan. Dengan semakin banyaknya topic yang bisa dibicarakan dalam sebuah komunitas mengenai produk yang anda jual, maka awareness akan merek anda akan semakin tinggi.
Al Rise dan jack Trout menyatakan bahwa jika kita berkonsentrasi pada konsumen kita akan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Menekankan produk pada benak prospek, melayani dan menjaga eksistensi customer dari serangan competitor. Dalam customer –centric, perusahaan menginginkan konsumen untuk loyal, padahal di sisi lain perusahaan juga menganggap bahwa konsumen adalah raja.
JUJUR
Dasar konsep dari Soul marketing adalah bukanlah pada konsumen atau produk, tetapi pada sikap murah hati.transaksi yang didasari oleh sikap murah hati adalah transaksi yang tidak berat sebelah. Artinya pedagang tidak akan menerapkan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, tetapi sesuai dengan kualitas atau benefit yang diberikan.
Soul marketing diawali dengan sikap jujur. Sikap jujur diutamakan karena setiap perusahaan menginginkan pelanggannya setia, sedangkan untuk setia , kepercayaan harus dibentuk.
JANJI
Sebuah janji hubungan erat dengan kepercayaan. Dalam marketing, positioning adalah sebuah janji.
IKHLAS
Ikhlas adalah seuah perbuatan yang tidak mengharapkan adanya balasan atau timbale balik dalam dunia usaha yang melakukan kegiatan berdasarkan pada peralihan capital (mengukur segala sesuatu dengan uang, sikap ikhlas mungkin akan dianggap sebagai sikap yang tidak rasional. Dengan ikhlas , orang tidak akan mengukur apa yang dapat perusahaan berikan untuk saya, tetapi apa yang saya dapat berikan untuk perusahaan.
ADIL
Adil yang sesungguhnya adalah sebuah keadaan menguntungkan dan menyenangkan pada kedua belah pihak dan mereka rela pada keadaan tersebut.
Ada kecenderungan bagi perusahaan untuk memperhatikan dan memberikan pelayanan pada pelanggan mereka yang dianggap loyal. Kalaupun perusahaan akan membidik prospek , yang menjadi dasar adalah tingkat profitabilitas dari konsumen itu sendiri,. Hal ini akan menyebabkan sering kita mendengar keluhan- keluhan yang diterima oleh kalangan konsumen yang dianggap kurang berpotensi. Keikhlasan dalam melayani konsumen, baik yang sudah loyal maupun yang baru dan yang ingin tahu tentang produk atau jasa yang dijual tidak dibedakan.
Hasilnya anda aka mempunyai seorang marketer yang akan mempromosikan produk anda secara gratis.
SABAR
Sabar bukan berarti menerima apa adanya, dan terus berputus asa. Resiko dalam berbisnis akan selalu ada. Dengan ini anda tidak akan menjadi pengusaha yang pengecut, tetapi juga bukan pengusaha yang tanpa perhitungan
PROFESIONALISME
Dalam soul marketing, kecepatan dalam bergerak adalah hal yang utama. Pemanfaatan waktu secara efektif benar-benar nemjadi hal yang bersifat esensial
Ada tiga hal yang dapat dihindarkan olehsikap murah hati.[
Pertama, menjauhkan sikap sombong.
Kedua, menjauhkan dari kebiasaan berburuk sangka kepada orang lain.
ketiga, menjauhkan diri kita dari iri hati atau dengki
KESEIMBANGAN
Keseimbangan dalam melakukan kompetisi, keseimbangan dalam mengambil keputusan, dan melakukan pekerjaan adalah hal yang ingin dicapai dari penerapan soul marketing dalam dunia pemasaran khususnyadan kehidupan secara umum.
0 komentar:
Posting Komentar